Bagaimana Wujud Janji Sandiaga Uno?


Pada masa Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengampanyekan salah satu program unggulan mereka, yakni pelatihan kewirausahaan One Kecamatan One Center for Entrepreneurship atau OK OCE. Program tersebut merupakan solusi yang ditawarkan Anies-Sandi untuk mengurangi jumlah pengangguran, menciptakan 200.000 wirausaha baru dalam 5 tahun, serta meningkatkan ekonomi warga Ibu Kota agar "naik kelas".

Pada satu kesempatan debat Pilkada DKI Jakarta, Sandiaga menjanjikan program OK OCE akan mempermudah masyarakat memiliki usaha. Program itu juga akan membantu masyarakat mendapatkan pinjaman modal hingga Rp 300 juta. "Kami akan permudah lahan usaha dengan garasi inovasi, kami akan permudah juga kredit sampai Rp 300 juta. Kami akan memberikan pendampingan melalui mentorship," ujar Sandiaga dalam debat tersebut.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan Perdagangan DKI menganggarkan Rp 82 miliar untuk OK OCE dalam APBD DKI 2018. Namun, tidak ada alokasi anggaran untuk bantuan modal bagi warga yang ingin berwirausaha.

Setelah menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga mengatakan dirinya dan Gubernur Anies tidak pernah berjanji memberikan bantuan modal untuk OK OCE. WOW!!!

Kemudian Janji DP rumah 0%
Janji yang kemudian diralat sendiri oleh Sandi, Rumah DP Rp 0 itu lalu diterjemahkan dalam bentuk rumah susun milik (rusunami). Keberadaan rusunami ini disebut akan memfasilitasi semua warga untuk memiliki rumah. Program ini tidak beda jauh dengan program Rusun Ahok.

“Karena (rumah) DP nol rupiah kategorinya untuk pendapatan sekitar Rp 7 juta sampai Rp 10 juta per bulan. Kalau di bawah itu enggak cocok untuk pola rumah dengan DP nol rupiah. Justru ada skema lain yang nanti di pokja perumahan yang kemarin masuk di 23 rencana kerja kita,” jelas Sandi di Melawai, Jakarta.

Lho katanya untuk kelas menengah? Yakin kelas menengah punya pendapatan sampai 7jt - 10jt /bulan?

Terus ada janji 200.000 lapangan kerja.
"Lahan sudah tidak ada zonasinya, sudah kita bisa lihat terganjal perizinan, modal. Ini akan diselesaikan dengan program OK OCE," jelasnya.

Lho bukannya OK OCE sampai sekarang baru punya 4 gerai, dan setiap gerainya cuma menampung 5-10 tenaga kerja? itu pun terancam tutup karena sepi pembeli. Lha terus 199.960 calon tenaga kerja lainnya mau disalurin kemana?

Enak aja dia maen kabur jadi Cawapres.

2 komentar:

  1. Kamu bisa Trading FOREX dengan minimal Deposit Rp. 50.000 menggunakan bank lokal
    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade:
    1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
    2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal
    3. Teregulasi di FCA UK
    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
    5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL
    Bergabung sekarang juga di www.detiktrade.com
    WA : 087752543745

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.