Leluhur Prabowo Subianto


Ketua Dewan Pembinan Partai Gerindra Prabowo Subianto, ternyata merupakan keturunan seorang tokoh di Minahasa bernama Benyamin Thomas Sigar alias Tawajln Sigar.

Benyamin, merupakan tokoh ternama di Langowan, kota kecil di Minahasa Utara.

Meity Sigar, seorang pengurus keluarga besar Sigar di Langowan, Minahasa, menuturkan kisah turun temurun, Benyamin Thomas Sigar merupakan yang konon ikut menangkap Pangeran Diponegoro.

"Memang tak ada dokumen atau fakta sejarah yang ada pada kami. Tapi menurut cerita dari orang-orang tua kami, Opa Benyaminlah yang menangkap Pangeran Diponegoro," ujar Meity Sigar ditemui Tribun di rumahnya di Langowan, Rabu (26/3/2014).

Bukti hubungan kekerabatan Prabowo dengan tokoh legendaris Langowan itu, bisa dilihat dari dokumentasi ketika Prabowo selalu menziarahi makam Benyamin T Sigar.

Ia juga pernah membantu pembangunan kubur leluhurnya itu beberapa tahun lalu. Sementara penelusuran dari sisi silsilah Jawa, informasi Basuki Tjahaja Purnama, ternyata tak begitu akurat.

Prabowo, tidak memiliki hubungan darah langsung dengan Pangeran Diponegoro, baik dari garis nenek maupun kakeknya, Margono Djojohadikusumo.

Kalaupun ada jaraknya amat jauh. Dari garis kakeknya, Margono Djojohadikusumo, ditarik ke atas bergenerasi, Prabowo merupakan keturunan Raden Tumenggung Kertonegoro IV alias Tumenggung Banyakwide, panglima perang Pangeran Diponegoro di Gowong, Kedu.

Ditarik ke atas lagi, dari Banyakwide mentok ke Adipati Mrapat alias Raden Joko Kaiman, Adipati pertama Banyumas.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.