Celoteh Sandiaga Uno Yang Asal Bunyi


Sandiaga Uno kembali menyinggung soal membangun infrastruktur Tol Cikampek-Palimanan tanpa utang. Menurut si ganteng ini, hal itu sangat memungkinkan.

Cawapres nomor 02 itu mengatakan pembangunan infrastruktur tanpa utang itu juga bukan hal yang baru. Dia lalu memberi contoh. Namun contoh yang diberikannya adalah pembangunan tol tanpa APBN, bukan tanpa utang, yaitu Tol Cipali. (Gimana sih Bos..?)

"Saya pernah turut membangun infrastruktur Jalan Tol Cipali 116 km, tidak memakai uang negara dan membebani utang untuk negara dan BUMN," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (11/12/2018).

Dengan wajah tanpa dosa dirinya mengatakan, nanti akan melibatkan dunia usaha dan swasta. Hal itulah yang akan dilakukannya jika kelak terpilih pada 2019.

"Di samping dana swasta murni, pemerintah juga dapat mendorong penguatan kemitraan antara pemerintah dengan swasta dalam skema PPP (public private partnership). Skema PPP atau KPBU sudah ada dasar hukumnya, tetapi saat ini belum maksimal dalam implementasinya. Proyek-proyek infrastruktur dengan skema PPP belum dioptimalkan sehingga banyak yang terlambat diputuskan," papar Sandi dengan Percaya Diri bahwa dirinya mampu.

"Skema ini biasa didanai dengan system availability payment atau concession. Untuk memastikan tata kelola yang baik, good governance, skema ini juga bisa dilakukan dengan pola solicited atau unsolicited," sambungnya. (sok intelek, ngomong gak jelas..!)

Sandiaga berjanji membangun infrastruktur tanpa utang itu disampaikan pada Sabtu (8/12) lalu. Sandi mengatakan, jika terpilih kelak, dia akan membangun infrastruktur menggunakan pendekatan selain utang.

Jika proyek sebesar itu tidak utang, lalu dapat uannya dari mana pak Sandi yang tehormat. Nunggu sampai kapan anda melakukan pendekatan-pendekatan yang gak jelas dan hanya membuang-buah  waktu saja. Coba deh pak Sandi, kalau bicara itu pake otak, bukan pake dengkul..!

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.